seo

Apa Itu SEO (Search Engine Optimation)

Sebelum kita memahami cara kerja SEO kita harus tahu dulu apa itu SEO, langsung saja. SEO merupakan suatu tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website/ menjadikan website kita di halaman pertama ketika di search. Optimasi ini memungkinkan search engine atau mesin telusur dalam menilai apakah suatu website layak ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.

Satu hal yang harus Anda pahami, SEO bukanlah pekerjaan yang selesai dilakukan dalam satu kali waktu saja. SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya Anda harus terus-menerus mengoptimasi website. Untuk melakukannya, Anda wajib memahami cara kerja mesin pencari dalam memberi peringkat terhadap website yang didasarkan pada kualifikasi atau persyaratan tertentu.

Website dengan konten yang bagus tapi minim pengunjung sama sekali tidak ada artinya. Anda harus bisa menarik perhatian pengunjung dan mempertahankan mereka agar betah berlama-lama di website.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan dan mengelola trafik.

Pertama-tama, ketahui asal trafik. Ada tiga tipe traffic SEO:

Quality Traffic

Untuk website bisnis, semakin banyak pengunjung situs yang berganti status menjadi pembeli, semakin baik pula kualitas trafik yang dimiliki.

Tingkat konversi dapat dijadikan acuan dalam menentukan kualitas trafik website. Meskipun tingkat konversi tergantung pada tipe dan tujuan bisnis, nilai 5% sudah bisa memenuhi kualitas konversi.

Pengunjung yang mengakses website dan mencari tahu produk apa saja yang ditawarkan juga turut menciptakan trafik yang baik. Misalnya, kalau produk yang dijual adalah smartphone iPhone dan Android, trafik yang datang bukanlah trafik untuk membeli laptop dan komputer.

Quantity of Traffic

Kuantitas trafik tak kalah penting dari kualitas trafik.

Umumnya jumlah trafik dihitung berdasarkan banyaknya pengunjung yang masuk dan mengakses situs. Akan tetapi, masih ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipantau, yakni: pengunjung situs, page view, dan durasi kunjungan.

Semua hal yang disebutkan sebelumnya tidak perlu dihitung dengan metode manual. Anda bisa menggunakan tool, seperti Google Analytics atau StatCounter, untuk menganalisis trafik website.

Apa itu SEO - statcounter

Organic Traffic (Tidak Berbayar)

Tipe trafik yang disukai oleh hampir sebagian besar pemilik website adalah organic traffic atau trafik organik. Selain gratis, trafik organik juga mampu mendatangkan lebih banyak pengunjung situs dan meningkatkan konversi.

Sebagai contoh, sebagian pengguna internet mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu di kolom pencarian browser. Setelah itu, mereka mengklik link yang ditampilkan di hasil pencarian. Kunjungan melalui link tersebutlah yang disebut sebagai trafik organik.

Meskipun terlihat mudah, persaingan untuk mendapatkan trafik organik sangatlah ketat. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan praktik SEO yang baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


Bagaimana Cara Kerja SEO?

SEO mengoptimasi website sehingga orang-orang bisa menemukannya dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Berikut sejumlah manfaat yang ditawarkan metode optimasi ini:

  • Memberikan informasi yang relevan.
  • Menjadikan mesin telusur sebagai sumber yang andal.
  • Mendatangkan lebih banyak trafik organik.

Meskipun hasil pencarian bisa muncul saat itu juga, proses yang terjadi di dalam mesin telusur tidak sesederhana yang dibayangkan. Bahkan mesin telusur bekerja sebelum Anda mengetikkan apa pun di kolom pencarian dan menekan tombol Enter.

Di bawah ini, kami akan menjabarkan cara kerja search engine atau mesin pencari.


Ada tiga tugas utama yang dilakukan mesin telusur untuk setiap permintaan atau pencarian yang dikirimkan:

  1. Crawling. Proses ini terjadi di tahap awal. Crawling akan mengumpulkan informasi dari seluruh website – dari satu halaman ke halaman lain, dari satu link ke link lainnya.
  2. Indexing. Setelah mengumpulkan informasi, web crawler akan menyimpannya di entry list: index.
  3. Ranking. Hasil peringkat akan ditampilkan secara berurutan, berdasarkan pada pencarian yang paling sesuai.

Untuk menjamin kualitas pencarian, mesin telusur menggunakan seperangkat aturan atau rule yang disebut dengan algoritma.

Algoritma mesin telusur memastikan pengguna internet mendapatkan informasi relevan dari resource atau sumber tepercaya.

Sebagai mesin telusur yang populer dan banyak digunakan, Google memiliki tim berdedikasi yang fokus sepenuhnya pada algoritma. Tim ini bertanggung jawab atas peningkatan kualitas user experience (pengalaman dan kepuasan pengguna internet) ketika menggunakan Google.

Kadang-kadang Google menyebut algoritmanya dengan nama khusus. Sebagai contoh, Panda adalah algoritma yang berkaitan dengan kegiatan penyaringan, pemberian pinalti, dan penghargaan konten, sedangkan Penguin merupakan algoritma untuk mencegah spamdexing. Terakhir, ada Hummingbird yang akan meningkatkan kualitas kedua algoritma tadi.

Jadi, sudah jelas sekarang kalau konten website menjadi poin yang sangat penting bagi Google.

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang page authority?

Page authority adalah sistem scoring yang dikembangkan oleh Moz, mulai dari 1 sampai 100, untuk memprediksi peringkat website di mesin telusur. Sistem ini akan membantu Anda dalam memahami kualifikasi apa saja yang digunakan mesin telusur untuk menetapkan hasil pencarian terbaik.

Anda bisa menggunakan link explorer untuk mengecek page authority. Masukkan URL yang hendak dicek untuk memperoleh hasil analisis. Informasi yang didapat dari analisis link tersebut akan sangat berguna bagi Anda untuk meningkatkan kualitas website.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama